Pengertian, Manfaat dan Kegunaan Backlink

Apa itu Backlink ?
Manfaat dari Backlink ?
Bagaimana cara mendapatkan Backlink ?

Saya akan coba menjawab dari ketiga pertanyaan diatas yang sudah di ajukan oleh beberapa teman saya pada minggu kemarin, Backlink bisa dikatakan pelengkap untuk meningkatkan trafik atau kunjungan orang ke situs kita dari mesin pencari, artinya blog/website kita lebih SEO dengan ditanam backlink yang berkualitas dan hasil kunjungan murni dari search engine seperti google, bukan dari media kita promosi contohnya jejaring sosial Facebook, Twitter, dan lain-lain. Dengan hasil kunjungan asli dari mesin pencari tentunya akan berdampak baik pada situs kita karena kita mendapat beberapa keuntungan seperti tidak perlu repot mempromosikan sebuah artikel dan sangat bagus untuk memperoleh penghasilan terutama perikalan dari google (Adsense).

Backlink

Apa itu Backlink ?

Backlink, bila kita artikan kedalam bahasa indonesia memiliki dua kata.
Back : kembali
Link : URL/sebuah alamat situs, web
Artinya dari dua kata diatas, yaitu Backlink memiliki arti "timbal balik" atau bisa juga link kembali .hehe
Saya akan coba menjelaskannya lebih sederhana lagi, jadi Backlink adalah link/URL yang dipasang di situs lain bila di klik akan mengarah ke situs anda.

Cara mendapatkan, Mencari, dan Membuat Backlink.
Sobat bisa membuat Backlink dengan cara berkomentar di blog orang lain, namun harus diperhatikan juga saat berkomentar di blog orang yang memiliki konten unik karena komentar anda belum tentu di aprove oleh sang pemilik blog. Kenapa begitu ? Rata-rata yang berkomentar tidak sesuai denga tema artikel dan sama saja anda tidak menghargai artikel orang lain, jadi silahkan berkomentar sesuai judul dan isi artikel agar tidak di anggap sebagai spam.

Jenis Daftar Backlink Berkualitas.

Semua jenis Backlink sangat berpengaruh terhadap website yang kita kelola, namun ada beberapa jenis Backlink yang wajib anda dapatkan untuk website yang anda miliki. Berikut jenis-jenis backlink berkualitas menurut beberapa blogger profesional.
  1. Domain .Gov
  2. Domain .Edu
  3. High PR 1-10 Google
  4. High Trafik
  5. Dofollow
  6. Alexa Rank rendah.
Namun ada tapinya, semua jenis backlink di atas tidak semua bagus anda harus melihat terlebih dahulu isi konten yang di publish apakah sudah memiliki konten yang disukai atau dibenci oleh google. Contohnya blog yang di anggap tidak sesuai dan jelek di mata google seperi situs p*rno, jud1 online, dan sejenisnya.
Manfaat dan Fungsi Backlink.

Sebenarnya hal ini sudah saya jelaskan di atas ya sob, namun tidak apa saya akan membahasnya lebih jauh lagi tetapi dengan pemahaman saya sendiri. Manfaat backlink berkaitan dengan SEO (Search Engine Optimization) karena peranannya sangat penting terhadap popularitas website kita.

Berikut manfaat dan kegunaan Backlink bagi blog
  1. Dapat Meningkatkan Posisi Blog Pada Serp.
  2. Mempertahankan posisi serp.
  3. Meningkatkan Ranking Blog.
  4. Mengecilkan Alexa Rank.
Secara tidak lagsung dan tehap demi tahap otomatis blog/website anda akan meningkat jumlah vistor maupun popularitasnya, jadi jangan sampai anda mengabaikan backlink karena ini adalah satu cara untuk mengoptimasi blog.

Tambahan*
Sebaiknya dalam menanam backlink ke blog tidak harus terburu-terburu dan termotivasi mencari backlink yang banyak, apalagi dalam hitungan hari. Memang memiliki backlink yang banyak itu bagus namun harus secara natural, yang artinya backlink yang di tanam harus teratur maksimal 1-2 dalam sehari, jika tidak blog anda akan di anggap spam oleh google kemudian masuk blacklist dan noindex dicap sebagai blog spam. Semua sudah saya alami dari mulai yang manis sampai pahit, saya tidak bermaksud mengajari anda namun berbagi pengalaman itu penting dan bisa menambah wawasan kita. Demikian artikel tentang Pengertian Backlink, semoga artikel yang saya share dapat bermanfaat bagi anda.