Pengertian dan Fungsi Alexa.com

Bagi seorang blogger ataupun orang yang sudah lama mengenal internet ungkin sudah tidak asing apa pengertian dan fungsi dari Alxexa.com, mari kita bahas secara singkat namun jelas saja agar anda tidak terlalu lama membaca tetapi tahu arti dan fungsinya.

Alexa.com

Pengertian dan Fungsi Alexa.com

Apa itu Alexa.com ? Alexa didirikan oleh Brewster ahle dan merupakan situs pengukur data berbagai web di dunia lebih tepatnya anak dari perusahaan Amazon.com yang berbasis di California. Awal mulanya berdiri pada tahun1996 sebagai perusahaan yang independen, tidak lama hanya berselang 3 tahun Amazon kemudian mengakuisisi pada tahun 1999.
Semua data situs di dunia berupa status trafik, info kontak, ulasan, link terkait, dan link masuk bisa dilihat dengan akurat. Sebelum melihat berbagai data situs anda harus melakukan login terlebih dahulu, daftar jika anda belum mempunyai akun, bisa menggunakan akun facebook untuk daftar/login maupun email.

Fungsi

Beberapa orang menganggap Alexa itu penting dan ada pula yang menganggap tidak penting. Kenapa ? Karena setiap orang dalam mengelola situs tujuannya berbeda-beda.
Jika anda membuat situs/blog tujuannya untuk bisnis atau mencari uang tentunya sangat membutuhkan data statistik dari Alexa karena beberapa perusahaan ada yang meminta syarat jika ingin situs diterima di periklanannya harus mempunyai Alexa Rank yang rendah.

Apa Itu Alexa Rank ?

Pertanyaan yang sering orang tanyakan kepada saya, oke kembali ke topik :D . Alexa Rank merupakan data statistik web, blog, dan situs kita. Rank artinya peringkat, nah jadi Alexa Rank adalah seberapa bagus situs kita di mata Alexa.
Harus anda ketahui bahwa di Aexa semakin rendah nilai rank situs anda maka akan semakin baik, sebaliknya jika rank situs anda tinggi (puluhan juta) maka tidak bagus. Sebenarnya bisa kita bandingkan dengan google pagerank yaitu kebalikannya.
Bagaimana apakah anda sudah tahu apa pengertian dan fungsi Alexa.com ? Seperti yang sudah saya katakan artikel ini akan memberikan penjelasan tentang alexa singkat dan bisa dimengerti. Masih banyak lagi pembahasan mengenai alexa namun akan dibahas di lain waktu, semoga bermanfaat.